Jumat, 13 September 2013

KERANGKA PENELITIAN TINDAKAN KELAS





MASALAH :
Rendahnya kemampuan siswa membaca Al Qur’an dengan lancar di kelas VII SMP Negeri 1 Lembang

RENCANA TINDAKAN :
Pembelajaran membaca Al Qur’an dengan tutor sebaya.

RUMUSAN MASALAH :
Apakah pembelajaran membaca Al Qur’an dengan turor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al Qur’an bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lembang?


RINCIAN TINDAKAN/ LANGKAH-LANGKAH
1. Para siswa dites kemampuan membaca Al Qur’an.
2. Siswa-siswa yang belum lancar dikelompokkan, masing-masing kelompok terdiri dari 5 (lima) orang.
3. Siswa-siswa yang dianggap sudah lancar menjadi ketua kelompok masing-masing
4. Para siswa berlatih membaca sesuai dengan tingkat kelancarannya masing-masing, dibimbing oleh ketua kelompok.
5. Ketua kelompok melaporkan kemajuan individu di kelompok masing-masing.

FORMAT OBSERVASI

NO ASPEK YANG DIOBSERVASI SKOR KET.
1 2 3 4 5
1 Persiapan belajar

2 Aktivitas selama belajar

3 Motivasi untuk bisa

4 Efektifitas pemanfaatan waktu belajar


5 Kemajuan hasil beljar





















KERANGKA PENELITIAN TINDAKAN KELAS
MASALAH :
Rendahnya kemampuan keterampilan menulis kreatif siswa Kelas II SMP Negeri 14 Bandung.

RENCANA TINDAKAN :
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual (pemodelan dan kerja kelompok).

RUMUSAN MASALAH :
Apakah proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual (pemodelan/ modeling dan kerja kelompok/ leraning community) akan meningkatkan kemampuan keterampilan menulis kreatif bagi siswa kelas II SMP Negeri 14 Bandung?

RINCIAN TINDAKAN/ LANGKAH-LANGKAH
Pendahuluan
1. Mengkondisikan kelas (berdo’a, mengabsen)
2. Memotivasi siswa dengan pertanyaan-pertanyaan
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Membentuk kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 orang
5. Menjelasakan alur kegiatan
Inti
6. Setiap kelompok mendapat satu amplop tugas yang harus diselesaikan secara berdiskusi, di dalamnya terdapat kertas warna-warni dan gambar origami.
7. Siswa menyusun kalimat berdasarkan langkah-langkah yang sistematis samapi berbentuk origami.
8. Siswa secara berdiskusi menyusun setiap langkah dengan kertas warna serta menuliskan kalimatnya.
9. Hasil pekerjaan siswa ditukar dengan kelompok lain untuk diberi penilaian.
10. Yang mendapat nilai tertinggi disuruh mendemonstrasikan hasil pekerjaannya untuk membentuk sebuah origami berdasarkan bahasa petunjuk yang telah disusunnya.
Penutup
11. Menyimpulkan hasil diskusi secara tertulis.
12. Mengadakan refleksi hasil KBM.
13. Pemberian tugas secara individu

FORMAT OBSERVASI
Per Kelompok :
NO ASPEK YANG DIOBSERVASI SKOR KET.
1 2 3 4 5
1 Persiapan kelompok

2 Kesungguhan

3 Keaktifan berdiskusi

4 Efektifitas pemanfaatan waktu belajar


5 Partisipasi setiap anggota dalam kelompok


FORMAT PENILAIAN HASIL KERJA
No Kelompok Ketepatan Isi Tanda Baca dan Ejaan Struktur Kalimat Kerapihan Jumlah
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5







CONTOH LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS GURU DAN SISWA
(Tindakan ke..... Siklus......)

Nama Sekolah:
Nama guru

KATEGORI PENGAMATAN
Aktivitas Guru
1. Menyampaikan pendahuluan
2. Melakukan Apersepsi
3. Memberi motivasi
4. Mempresentasikan pengetahuan
5. Menyajikan masalah
6. Melakukan pengumpulan data
7. Melakukan pengujian
8. Mengajukan pertanyaan
9. Memberikan bimbingan/berkeliling
10. Menyimpulkan
11. Merangkum Pelajaran
12. Melakukan/penilaian proses
13. Memberi tugas/ PR
14. Menutup pembelajaran

Aktivitas Siswa
1. Mendengarkan penjelasan guru
2. Menjawab pertanyaan guru
3. Memgamati demonstrasi guru
4. Mengajukan pertanyaan dan mengemukakan gagasan
5. Melakukan eksperimen
6. Berdiskusi
7. Menyimpulkan hasil percobaan
8. Perilaku yang tidak relevan dengan KBM...

KETERLAKSANAAN SETIAP FASE:
AKTIVITAS GURU pada 5 menit...
AKTIVITAS SISWA pada menit.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar